Berselancarlah dengan ‘aman’, prens!

Sering kali ketika berkunjung ke warnet untuk suatu keperluan tertentu, dan ketika kita membuka internet explore (IE), mozilla firefox, netscape, atau bahkan jenis browser lainnya, kita mendapati halaman-halaman yang ‘telah pernah dibuka oleh user sebelumnya’, dan tidak jarang pula ada user yang membuka halaman dengan fasilitas login/logout dan dia lupa untuk melakukan ‘logout’-nya atau dengan kata lain dia meninggalkan informasi-informasi pribadinya untuk Anda. Itu artinya anda dapat bebas mengutak atik informasi dia alias ngerjain manusia yang terlupa, hehe..

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan (misalnya seperti kasus di atas) akibat kelalaian kita menjaga informasi penting. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Jika halaman (page) yang anda kunjungi menggunakan fasilitas login/logout, jangan pernah lupa untuk melakukan logout. Jika Anda telah melakukan logout, itu sama artinya telah menyimpan barang berharga Anda pada tempatnya, sehingga orang lain tidak dapat mengusiknya.
  2. Ketika anda menutup jendela browser Anda (baik IE, mozilla, dll) sebenarnya Anda masih meninggalkan jejak penjelajahan Anda kepada orang lain. Coba lihat aja pada kasus di atas, orang lain meninggalkan informasinya untuk Anda (berupa halaman-halaman yang telah dikunjunginya), padahal browsernya telah ditutup (close) sebelumnya, begitu juga dengan Anda yang dapat meninggalkan informasi/jejak anda kepada orang lain, meski anda telah melakukan logout dan orang lain tidak dapat mengganggu informasi pribadi anda bahkan telah menutup jendela browser sekalipun, namun ketika user lain masuk dan membuka browser yang Anda buka sebelumnya, user tersebut tetap dapat melihat halaman yang pernah anda kunjungi sebelumnya. Untuk mengantisipasi hal ini anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:
  • Jika Anda menggunakan Internet Explorer Browser, klik tool pada toolbar di bagian atas browser IE Anda, pilih Internet Option , klik Clear history dan delete cookies.
  • Jika Anda menggunakan Mozilla Firefox, klik tool pada toolbar di bagian atas browser mozilla Anda, pilih Clear Private Data atau Anda juga dapat menggunakan kombinasi keyboard dengan menekan Ctrl – Shift – Delete secara bersamaan. Kemudian centang semua pilihan yang ada (Browsing history, Saved form and search history, Chace, Cookies, Authenticated session), lalu klik Clear Private Data Now.

Jika Anda telah melakukan metode di atas, maka Anda telah dapat menutup jendela browser anda dengan Aman🙂

Ups, satu lagi dan ini cara yang paling mudah menurut saya :

Jika anda dapat memastikan komputer tersebut terinstall deepfrezz (lihat icon deepfrezz yang mirip salju menutupi sebuah kotak/balok di dekat jam pada bagian kiri bawah desktop, jika ada maka deepfrezz telah terinstall di komputer tersebut), Anda dapat merestart komputer Anda (tanpa harus melakukan salah satu dari dua langkah di atas) dan langsung menuju kasir, karena sifat deepfrezz akan senantiasa mengembalikan system files/temporary files pada kondisi sesaat sebelum deepfrezz diinstall oleh pemiliknya🙂

Ok prens, berselancarlah dengan aman🙂