BTS Maut

Inggris – Sekelompok masyarakat di Inggris ketakutan dan memprotes keberadaan sebuah menara BTS (Base Transceiver Station). Pasalnya, 34 orang yang tinggal di sekitarnya menderita penyakit kanker yang diduga disebabkan radiasi dari menara itu.

Tercatat sebanyak 14 orang juga telah meninggal karena kanker dalam kurun waktu 7 tahun. Penduduk lokal menyatakan, mereka mulai menderita gangguan kesehatan sejak tahun 2001 seiring dengan banyaknya antena yang dipasang di menara itu. BTS itu sendiri berdiri sejak tahun 1995.

Misalnya saja Wendy Baggott (52 tahun) yang tinggal 200 meter dari menara, bersaksi bahwa suaminya terkena kanker kulit karena sering jalan-jalan di sekitar menara. Empat tetangganya juga meninggal yang diklaimnya karena kanker. Kematian terakhir terjadi 6 bulan lalu di mana seorang wanita tewas karena tumor otak.

Adapun lembaga pengawas telekomunikasi Ofcom menyatakan bahwa BTS di daerah Kingswinford itu memang memancarkan radiasi dengan level amat tinggi, bahkan jika dibandingkan dengan menara lainnya di seluruh Inggris.

Menara telekomunikasi yang bertempat di bekas menara air itu dimiliki oleh dewan kota dan dinyatakan telah bekerja sesuai aturan. Namun dengan adanya kasus tersebut, menara telekomunikasi itu diusulkan untuk dirubuhkan meski belum terbukti pasti bahwa radiasinya menyebabkan kanker.

Untuk itu, lembaga kesehatan Health Protection Agency telah mengontak dokter lokal untuk memastikan dampaknya bagi kesehatan warga.