Tips mencegah laptop overheat

Pernah mendengar insiden laptop meledak karena overheat (panas berlebih)? Belakangan ini hal tersebut seringkali terjadi di seluruh belahan dunia. Namun Anda jangan kuatir, asalkan Anda mempunyai kemauan disiplin untuk mengikuti tips-tips Mencegah Laptop Overheat berikut ini, kejadian tersebut dapat ditekan atau dihindari.

Berikut tips-tips Mencegah Laptop Overheat (mengalami panas berlebih) yang dapat menyebabkan meledaknya laptop.

  1. Bersihkan sistem ventilasi pada laptop dengan kompresor.
  2. Selalu letakkan laptop di permukaan yang keras. Hindari meletakkan laptop di selimut, kain wool atau permukaan lembut lainnya yang dapat menghalangi angin dan pertukaran udara.
  3. Matikan laptop sebelum memasukkannya ke dalam kotak/tas. Jika Anda tidak ingin mematikannya, atur laptop dalam kondisi hibernate. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya proses peningkatan panas. Jangan sekali-kali meletakkan laptop yang sedang beroperasi di tempat yang sempit, ini bisa meningkatkan panas.
  4. Instal software monitoring, seperti SpeedFan, yang memungkinkan Anda untuk mengawasi dan memantau suhu prosesor, hard drive dan komponen lainnya.
  5. Atur setting power untuk mencegah panas berlebih pada komponen seperti layar dan hard drive. Turunkan power secepatnya jika memang tidak dibutuhkan.
  6. Anda juga bisa menggunakan pendingin laptop yang dapat mencegah panas berlebih.
  7. Jika laptop Anda berpotensi mengalami overheat dan masih dalam masa garansi, jangan ragu untuk melaporkan keluhan Anda tersebut.
  8. Jika Anda berencana membeli laptop baru, jangan gegabah! Telitilah dulu dengan seksama. Cari informasi tentang laptop model dan merek apa yang sering overheat, sehingga Anda tidak menyesal di kemudian hari.

Semoga bermanfaat!!

(sumber : detikinet)